Thursday, July 17, 2008

Adzan di Taxi


Dua hari yang lalu, selesai berbelanja menjelang maghrib, gw niatin buat sholat maghrib berjamaah di mesjid terdekat. Itung-itung, nambah pahala sekalian nunggu waktu makan malam. Maka, berangkatlah gw ke mesjid tsb.

Waktu maghrib masih kira-kira 10 menit lagi, masjid masih sepi. Gw langsung aja masuk ke kamar wudhu dan mengambil air wudhu. Pas gw wudhu, ada orang lain yang masuk untuk berwudhu juga. Udah tua.

Biasalah, untuk menghormati masjid, kita mesti shalat tahiyatul masjid sebelum duduk di masjid. Bukankah begitu?

Naa...gw dengan niat yang ikhlas seperti itu, melaksanakan shalat sunnah 2 rakaat tsb. Waktu rakaat kedua, sudah mulai berdatangan para jamaah. Perasaan, kok semua pada ngeliatin gw yg lagi shalat yak? Ehm, ada yang gak beres nih.. :(

Beneran, selesai salam, bapak tua dari tempat wudhu tadi langsung datang, nanyain. Pake bahasa Arab, Gw gak ngerti, tapi ujungnya ada kata Indonesia. Gw bilang, yes, I am from Indonesia. Terus dia ngomong lagi ngedumel-dumel gitu. Tapi gw akhirnya dapet nangkep maksudnya. Ternyata menurut dia, sebelum adzan maghrib, kita gak boleh sholat sunnah. Shalat sunnah apapun! Oh, ya? Ya akhirnya gw ngangguk2 aja. Dia bilang, sah? sah? Ngerti? gitu kali maksudnya.

Emang gw tau ada hadits yang artinya kurang lebih Tidak ada shalat setelah shalat subuh hingga matahari terbit dan tidak ada shalat setelah ashar hingga matahari terbenam. Tapi ini kan tahiyatul masjid, menurut gw waktu itu, mesti dilakuin sebelum duduk di masjid. Okelah, kalo masalah sunnah kayak gini, mending gw ambil jalan tengah. Lain kali gak usah dilakuin aja. Dilakuin setelah adzan maghrib aja. Beres...

Kemudian besoknya. Gw pulang shopping juga. Ketemu ama sopr taxi orang Mesir. Dia nanya, orang mana?

Indonesia.

Muslim?

Iya.

Alhamdulillaah...

Trus dia nanya lagi.

Bisa bahasa Arab?

Ngga.

Loh, terus baca Quran gimana?

Ya, kalo baca sih bisa, tapi ngomong gak bisa.

Eh, dia terus malah nguji. Dia adzan di dalam taxi. Gw sih denger adzan, ya gw jawab sebagaimana orang menjawab adzan. Trus dia nyuruh gw gantian jadi muadzin. Ya udah, gw juga teriak2 adzan di dalam taxi itu. Tapi lumayan, komentarnya setelah mendengar gw adzan.

Masya Allah...Alhamdulillah..that was very good, very good...

Alhamdulillaah...kata gw juga dalam hati.

Orang Indonesia (yang non-TKI sebagai PRT), menurut gw, cukup dihormati di Saudi. Mereka cukup respek dengan status Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Cuma, mereka juga tahu bahwa penduduk Muslim Indonesia juga banyak berbuat bid'ah. Mereka berpendapat itu salah satunya mengapa Indonesia banyak ditimpa bencana. Hmm, well, wallahualam...

No comments: